10 Objek Wisata Air Terjun di Bogor Yang Mudah di Tempuh

10 objek wisata air terjun di Bogor. Menjadi pengagum air terjun, berikut ini saya mencatatkan didalam tulisan blog saya kali yaitu 10 air terjun sebagai objek wisata yang terdapat di bogor, dan tentunya sangat dekat ini bisa ditempuh dari Jakarta selama 1 jam saja. Bagaimana, fantastis ngak mendengarnya?

Nah, untuk itu laangsung saja cek per satu air terjun apa saja itu.

10 objek wisata air terjun di Bogor.

Dibawah ini saya urutkan mulai dari jarak yang sangat dekat dan juga waktu tempuh yang begitu singkat. Sebagian besar inilah air terjun atau bahasa Sundanya curug yang begitu bagus dan menarik berdasarkan lokasi mudah diakses.

objek wisata air terjun di bogor mudah ditempuh

1. Curug Bojong Koneng-Sentul (waktu tempuh 1 jam)

Curug ini adalah curug yg begitu dekat dari Jakarta, ada di desa Bojong Koneng, satu desa dibelakang perumahan mewah Sentul City. Untuk sampai curug ini dengan kendaraan pribadi bisa lewat jalan tol jagorawi dan keluar di pintu tol sentul city lalu masuk ke tempat perumahan mewah itu menuju perkampungan penduduk yang ada di belakang kompleks. Jika bingung, bisa bertanya pada penduduk sekitar tentang kedatangan curug Bojong Koneng.

Bila menggunakan kedaraan umum, kita bisa mencapainya dengan bus jurusan sentul city dari terminal blok-m lalu disambung dengan ojek. Trek sejauh 1 km harus kita lalui untuk sampai curug indah ini,jangan sampai kuatir karena tracknya tidak sulit dan dapat dilalui oleh orang-tua dan anak-anak dengan pamandangan sawah yang indah. Untuk nikmati curug indah dengan kolam berair bening dibawahnya pengunjung hanya digunakan retibusi Rp.5.000.

2. Curug Panjang Mega Mendung (waktu tempuh 1 jam 15 menit)

Curug panjang adalah curug keluarga, karena ciri-ciri curugnya yang landai dengan beberapa kolam jernih jadi tempat bermain buat anak-anak. Belum fasilitasnya yang demikian teratasi dan pengamanannya yang terjamin. Untuk sampai curug inipun demikian mudah, cukup mengarahkan mobil ke arah puncak, dan dikiri jalan akan kita temui masjid Mega Mendung, lalu belokkan mobil ke jalan tidak hanya masjid itu.

Dari titik ini kamu cukup ikuti tips jalan yg akan mengarahkanmu ke curug panjang. Bukan hanya curug, wisata curug panjang juga mempersiapkan fasilitas wisata yang lainnya yaitu perkemahan dan pemancingan. Retribusi yang digunakan untuk masik ke tempat ini dapat cukup murah, hanya Rp.6.000 termasuk asuransi.

3. Curug Naga Mega Mendung (waktu tempuh 1 jam 15 menit)

Sedikit yang tahu kedatangan curug ini karena memang belumlah seterkenal curug cilember atau curug panjang. Namun siapa duga bila curug ini letaknya bersisihan dengan tempat wisata curug panjang. Bahkan air terjunnya juga hadir dari aliran air yang juga sama dengan curug panjang. Namun berbeda dengan curug panjang yang cocok untuk keluarga, curug naga cocok untuk beberapa pengagum halangan karena kita harus menyusuri sungai saat 100 mtr. untuk mencapainya. Belum untuk sampai curug kemudian kita lalui dengan melompat dari atas curug. Walaupun keselamatan dijamin penuh, harus tetap curug ini tidak cocok bila membawa anak-anak atau orang-tua.

Untuk berwisata ke curug inipun tidak seperti tempat wisata yang lain, sekurangnya kita harus reservasi lebih dulu dan mengambil pilihan paket wisata yang telah diyakinkan. Dan biasanya yang ada ke curug ini adalah rombongan gathering. Tapi buat perseorangan dapat juga bertandang ke wisata ini asal jangan sampai dihari biasa karena tutup. Saya sudah sempat ada sendirian ke curug naga dihari biasa, dan kenyataannya dari sana demikian sepi karena tutup.

4. Curug Cilember (waktu tempuh 1 jam 30 menit)

Dari sepuluh curug yang masuk daftar ini, saya sangka curug cilember lah yang begitu popular. Curug yang juga dikenal dengan nama curug tujuh ini telah di ketahui lebih dulu jadi wisata air terjun dikawasan puncak. Dikawasan ini ada tujuh air terjun dengan ciri-ciri yang berbeda. Curug tujuh (sangat dekat dari pintu masuk) adalah curug yang begitu ramai karena jangkauannya yang tidak sulit serta memiliki kolam besar dibawah curugnya yang kembar.

Curug 6,5 dan lain-lain baru bisa kita nikmati setelah kerjakan trekking naik dikawasan itu. Yang menarik, di tempat ini bisa ada taman observasi kupu-kupu. Fasilitas disinipun cukup lengkap, bahkan pengelola mempersiapkan penginapan di dekat air terjun. Untuk nikmati sejuknya tempat curug cilember dengan ke tujuh curug-nya yang indah kita cukup mengeluarkan Rp. 11.000 jadi retribusi.

5. Curug Nangka (waktu tempuh 2 jam)

Tempat wisata curug nangka memiliki alam yang demikian alami dan sejuk. Kealamian tempat ini bisa dibuktikan dengan masih banyaknya monyet-monyet liar yang sering kita temui, bahkan monyet-monyet itu akan datang mendekati kita jika kita menyebar makanan jadi umpan. tempat wisata ini memliki 3 curug, 2 diantaranya memiliki ketinggian kurang dari 10 mtr. dengan kolam berair jernih dibawahnya yang bisa kita buat menjadi tempat bermain air. Tempat ini bisa cocok untuk keluarga, penting buat keluarga kecil yang ingin mengenalkan alam sejak awal buat anak-anaknya. Tapi bagaimanapun, harus masih tetap siaga.

6. Curug Mulia (waktu tempuh 2 jam)

Curug mulia ada di lalulintas jalan raya Bogor – Gunung salak Endah. Letak yang relatif mudah dijangkau tersebut yang buat jadi ramainya curug mulia didatangi setiap saat. Jika menggunakan kendaraan umum rute yang butuh ambil adalah Kampung Rambutan – Terminal Baranangsiang – Ramayana – Ciapus.

Tips dari saya, waktu akan menaiki angkot ke Ciapus sebaiknya anda jelaskan ke supir angkotnya bila anda ingin ke Curug Mulia. Karena angkot trayek ini lewat 2 wisata curug juga sekaligus. Yaitu Curug Nangka dan Curug Mulia. Atau jika anda ingin berwisata ke curug ini menggunakan kereta, anda turun di stasiun kereta bogor lalu naik angkot jurusan Ramayana dan disambung dengan angkot lagi arah Ciapus.

Buat yang menggunakan kendaraan pribadi perjalanan ke Curug mulia, bisa melalui beberapa pilihan jalan, salah satunya dapat melalui jalan raya Bogor ke arah leuwiliang, belok di pertigaan Cikampak, dan menelusuri jalan menuju tenjolaya (Belok kiri tetap), karena itu bisa sampai di Curug Mulia.

Di tempat wisata curug mulia sudah dibikin banyak fasilitas serta kolam renang yang memutari tempat curug-nya yang kembar. Sayangnya Kolam renang yang dibikin demikian tidak teratur dan dibikin dengan konstruksi seadanya sampai membuat tempat ini menjadi kurang indah dan meminimalisasi kealamian wisata curug.

Di bawah curug ada kolam alami ber-air jernih, kolam Curug Mulia ini terhitung cukup lebar dan semakin mendekati curug semakin dalam, konon ada gerakan air dibawahnya yang bisa menyedot orang bila tidak siaga.

7. Curug Cigamea (waktu tempuh 2 jam)

Curug Cigamea ada di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor yang dimaksud bagian dari tempat wisata Gunung Salak Endah. Untuk menuju ke tempat air terjun, pengunjung diharuskan berjalan kaki dari ruang parkir, melalui jalan alami penurunan +/- 350 m. Waktu dalam perjalanan, sekurangnya tercatat tiga air terjun menambahkan ada selain kanan jalan.

Masing-masing air terjun punya ketinggan 5 sampai 10 m. Namun dengan debit air yang kecil dan berada di balik rimbunnya daun pohon-pohon. Kondisi jalan menuju tempat berupa jalan setapak yang telah terbuat dari batu dan tersusun rapi berupa susunan anak tangga.

Di beberapa bagian jalan ada tempat peristirahatan, untuk melepas lelah sekejap sekalipun nikmati air terjun dari sangat jauh. Curug Cigamea terdiri dari dua buah air terjun utama dengan beberapa ciri yang berbeda. Air terjun pertama yang lebih dekat dengan jalan masuk, berupa air terjun dengan tebing curam serupa dinding dan didominasi bebatuan warna hitam.

Tipe air yang jatuh lebih berupa percikan air yang langsung melimpah jatuh dari atas cukup deras walaupun tampak jelas tidak sederas/sebesar air terjun ke-2. Hal ini juga yang buat jadi alasan kolam limpahan air yang ada dibawahnya tidak luas dan dalam, sampai tidak bisa digunakan untuk berenang. Letaknya yang terbuka, kemungkinan besar pengunjung untuk ada selain kiri dan kanan dari air terjun.

8. Curug Seribu (waktu tempuh 2 jam)

Curug seribu adalah air terjun terbesar yang ada dikawasan Gunung Salak Endah Bogor. Curug ini bisa termasuk juga sulit dijangkau dengan trek alami penurunan yang curam dan licin. Tapi justru ditempat ini lah tantanganya, kondisi yang sulit dijangkau justru membuat tempat ini masih demikian alami tanpa sentuhan tangan manusia. Dan karena alasan yang sama, pengunjung yang ada juga tidak seramai curug-curug yang lainnya sampai kita bisa nikmati keindahan alam di curug seribu ini lebih leluasa akan tetapi masih siaga.

9. Curug Ciismun (waktu tempuh 2 jam)

Curug Ciismun merupakan diantaranya air terjun cantik yang berada di tempat Kebun Raya Cibodas, tempatnya makin lebih dekat bila ditempuh jika kita lewat pintu belakang Kebun Raya Cibodas, hanya sekitar 30 menit berjalan kaki. Curug ini memiliki ketinggian lebih dari 50 m, lengkap dengan kolam kecil di bawahnya yang di penuhi dengan bebatuan.

Tips ke Curug Ciismun Cibodas:

  1. Masuk dan pulang lewat pintu masuk belakang yang dekat dengan pintu masuk Taman Nasional Gunung Gede Pangrango agar trek menuju/pulang dari curug lebih dekat.
  2. Bawa juga makanan dan minuman sendiri.
  3. Bila berkunjung pada musim hujan, datanglah saat pagi hari maksimal jam 9 untuk jauhi hujan yang biasanya turun pada siang hari.
  4. Bawa juga payung dan gunakan rain cover pada daypack
  5. Gunakan alas kaki yang nyaman untuk trekking
  6. Bawa juga plastik untuk pakaian basah
  7. Bawa juga alas untuk sekedar sebatas duduk atau tempatkan tas
  8. Biaya yang murah-meriah:
  9. Bus AC Kampung Rambutan – Cianjur, turun di pertigaan Cibodas.
  10. Angkot menuju Kebun Raya dari pertigaa.
  11. dan bayar tiket masuk Cibodas

10. Curug Cibeurem (waktu tempuh 2 jam)

Dari ke 10 curug, buat saya curug cibeurem tersebut sebagai juaranya. Curug ini ada dikawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, butuh perjuangan dan tenaga penambahan untuk sampai curug ini kareni kita harus kerjakan trekking waktu 1,5 jam dengan trek berbatu yang naik. Tapi tidak perlu kuatir karena suasanya yang alami tetap menjadi “multivitamin” sendiri buat kita. Belum beberapa spot waktu perjalanan yang demikian eksotis untuk berfoto, seperti spot telaga biru dan spot jembatan kayu yang dikelilingi ilalang setinggi 2 mtr.. Jika mujur, waktu trekking kita terkadang akan menjumpai owa jawa yang berhabitat di tempat Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Sesampainya di curug cibeurem, kita seperti diberikan air dingin setelah perjalanan gurun yang menyiksa. Ya, keindahan air terjun yang betul-betul mempesona akan membayar lunas semua perjuangan kita untuk mencapainya. Ditempat ini, ada 3 buah air terjun yang berjejer dengan latar belakang tebing tinggi. Semasing air terjun juga memiliki beberapa ciri sendiri. Curug pertama memiliki ketinggian paling rendah sekitar 20 mtr. namun memiliki debit air begitu deras. Curug kemudian memiliki ketinggian kurang lebih 30 mtr. dengan curah air yang seakan bertingkat. Dan curug yang lainnya ada agak tersembunyi dibalik pohon-pohon.

Nah, curug-curug ini bisa Anda kunjungi bila libur Anda akan segera tiba. Bila liburan akhir tahun pun tentu bisa Anda luangkan waktu untuk mengunjungi keindahan 10 objek wisata air terjun di bogor.

error: Content is protected !!