50 Tempat Wisata di Bandung Yang Menarik Dikunjungi

Tempat wisata di Bandung yang menarik dikunjungi. Menjadi kota wisata, pesona Bandung ini seolah tidak ada habisnya. Semenjak “jalan-jalan” jadi sisi dari pola hidup, destinasi-destinasi baru diketemukan serta diungkap di beberapa media, pemerintah kota serta kabupaten juga memoles kota supaya bisa jadi object wisata pilihan.

Sebutlah saja Tebing Keraton, Stone Garden, Lembang Floating Market, serta ada banyak lagi. Akan tetapi, walau beberapa tempat baru banyak muncul, beberapa tempat wisata lama juga tidak kehilangan kharismanya. Seperti apakah sich beberapa tempat wisata di Bandung? Inilah tempat wisata di bandung yang menarik dikunjungi dan kami sudah mengumpulkan dan dituliskan dari beberapa sumber ada dibawah ini.

Tempat wisata di Bandung yang menarik

Tempat Wisata di Bandung

1. Rekreasi Sengit Bersama dengan Keluarga, Kebun Binatang Bandung

Nah, buat Kamu yang ingin berjalan-jalan di Bandung bersama dengan keluarga, coba mulai berlibur Kamu dengan Kebun Binatang Bandung. Letaknya begitu strategis di lokasi Tamansari, persisnya di Jalan Kebun Binatang no. 6, dekat dengan universitas Institut Tehnologi Bandung.

Kamu bisa meraihnya dengan angkot Cicaheum – Ledeng, Cisitu – Tegalega, atau Sadang Serang – Caringin. Harga tiketnya cuma Rp 20.000,00 untuk dewasa serta Rp 15.000,00 untuk anak-anak diatas 3 tahun. Didalam Kebun Binatang, tidak hanya nikmati keragaman koleksi satwa, Kamu dapat juga piknik dibawah rimbunnya pohon-pohon di dalam situasi sejuk nan asri.

2. Memahami Budaya dengan Bermain di Saung Angklung Udjo

Ingin wisata keluarga yang lebih mendidik? Singgah saja ke Saung Angklung Udjo, Jalan Padasuka 118. Tujukan laju kendaraan menuju Terminal Cicaheum. Ada suatu persimpangan kecil sebelum sampai terminal. Mengambil kiri serta berjalan selalu, Saung Angklung Udjo akan Kamu jumpai di kanan jalan.

Di Saung Angklung Udjo, Kamu tidak cuma dapat melihat Pertunjukkan Angklung Petang-nya yang legendaris, Kamu dapat juga ikuti program 1/2 Hari atau Satu hari di Angklung Udjo. Didalam program, peserta akan dibawa berkeliling-keliling saung, diarahkan untuk mainkan angklung, melihat pertunjukkan, serta bersantap ciri khas Sunda di taman belakang. Asik banget ya!

3. Trans Studio Bandung: Ada Kota didalam Kota?

Object setelah itu dapat juga Kamu datangi rame-rame bareng keluarga atau tetangga satu RT: Trans Studio. Yes, Trans Studio Bandung ini merupakan indoor theme park (taman bermain dalam ruang) pertama di Indonesia lho!

Berada di Jalan Gatot Subroto 289, Trans Studio Bandung siap menyediakan bermacam atraksi serta hiburan menarik, seperti: Giant Swing, Vertigo, Sky Pirates, Captain Black Heart Pirate Ship, sampai Dunia Lainnya! Juga bisa menelusuri di Pulau Liliput, Negeri Raksasa, Dragon Riders, atau Boland Adventure. Wah, seperti ada di kota dalam kota ya! Nah, semua atraksi itu bisa Kamu nikmati dengan harga hanya Rp 170.000,00 (Senin – Jumat) atau Rp 270.000,00 (Sabtu – Minggu).

4. Berjumpa Kembali dengan Dinosaurus, Museum Geologi Bandung

Masih tetap ingin mengorbitkan fantasi di Bandung? Tujukan kendaraan mengarah Jalan Diponegoro 57 serta datangi Museum Geologi Bandung. Dengan ticket masuk cuma Rp 3.000,00, Kamu bisa nikmati koleksi serta tiruan beberapa benda geologi. Dari beberapa macam batu alam, perkakas batu, sampai rangka Dinosaurus T-rex juga dapat Kamu buat jadi object selfie.

5. Keliling Sampai Capek, Makan Sampai Senang, Paskal Food Market

Mulai lapar sesudah sepanjang hari menelusuri dunia fantasi di Bandung? Yuk makan dahulu di Paskal Food Market. Tempat ini ada didalam komplek ruko Paskal Hyper Square, Jalan Pasir Kaliki 25-27. Diatur dengan ide one stop dining, Kamu dapat pilih bermacam kuliner untuk rekan bersantap dari vendor-vendor yang ada. Waktu terunggul ke Paskal Food Market merupakan waktu malam hari waktu lampu-lampunya cemerlang keemasan. Psst, cobain lempar koin di Kolam Keberuntungan.

Nah, Paskal Food Market ini ada dekat dengan Stasiun Bandung, yang dekat dengan Alun-Alun Bandung. Teruskan agenda ke Alun-Alun Bandung yuk! Dahulu, Alun-Alun Bandung memang kumuh serta tidak menarik, tetapi saat ini telah direvitalisasi sampai rapi dan bersih dengan rumput sintesis. Janganlah lupa terlepas alas kaki serta jagalah kebersihan ya. Ada spot foto-foto sengit di muka tulisan Alun-Alun Bandung!

6. Jalan Enjoy Nikmati Alun-alun Bandung

Ada tidak jauh dari Pasir Kaliki serta Stasiun Bandung, ada Alun-Alun Bandung yang luas! Tenang, Aln-Alun Bandung saat ini telah direvitalisasi oleh Pak Walikota Ridwan Kamil. Rumputnya bersih, sintesis, hingga mesti melepas alas kaki untuk dapat menginjakkan kaki di atasnya. Masyarakat lokal serta turis bergabung di alun-alun buat sebatas sekedar duduk, piknik (janganlah buang sampah asal-asalan ya), sampai tiduran dapat juga.

Janganlah lupa naik ke Menara Masjid Raya Bandung (Rp 3.000,00 saat masih tetap beroperasi) serta foto-foto di muka tulisan Alun-Alun Bandung.

7. Di Jogja ada Jalan Malioboro, di Bandung ada Jalan Braga

Berjalan dari alun-alun lewat Jalan Asia Afrika yang historis, Kamu akan datang di Jalan Braga yang eksotis. Jika Jogja miliki Malioboro, nah, Bandung miliki Braga! Memang tidak mirip-mirip sangat sich, tetapi di Jalan Braga berikut berderet bangunan-bangunan tua bergaya art-deco yang digunakan menjadi cafe, bar, resto, sampai pusat belanja. Jika Kamu traveler kekinian yang ingin ngehits serta foto-foto selfie, Jalan Braga harus buat Kamu.

8. Alun-Alun Balai kota Bandung: Lebih Luas, Main Futsal, Tidur, Dapat!

Dari Jalan Braga, berjalanlah menuju Balai Kota Bandung. Waktu akhir minggu, Balai Kota di buka untuk umum hingga bisa dimasuki dengan bebas. Di dalamnya ada Taman Balai Kota yang cantik dengan bunga-bungaan, atau menutup kunci gembok di Gawang Cinta. Ada wifi air siap minum juga lho, gratis!

9. Dengar-dengar di Atasnya ada Kebun Binatang Mini, Paris van Java Mall

Berjalan ke utara, ada satu pusat belanja yang populer, baik di kelompok masyarakat lokal ataupun pelancong. Namanya: Paris van Java (PVJ) Mal. Nantikan, nantikan! Janganlah cepat-cepat cemberut bete. Di PVJ ini Kamu tidak hanya dapat sebatas berbelanja serta bersihkan mata, ada Mini Farm serta Mini Zoo diatas atap!

Tinggal naik eskalator menuju Sky Level serta membayar Rp 50.000,00, Kamu serta adik-adik bisa memberikan makan kambing, domba, & kelinci yang berada di Lactasari Farm. Jika telah jemu memberikan makan, tinggal melipir ke Mini Zoo yang berada di sampingnya persis. Ada burung merak yang cantik dari sana.

10. Taman Film Bandung

Taman Film Bandung

Kamu paham.kamu mengerti jika Bandung belakangan ini dikenal juga dengan taman-taman tematiknya hasil revitalisasi sang walikota? Nah, salah satunya taman tematik yang wajar didatangi merupakan Taman Film. Tempatnya ada d bawah Jalan Layang Pasupati, berdekatan dengan Taman Jomblo (Taman Surapati) serta Balubur Town Square. Taman yang dapat menyimpan 500 pemirsa ini diperlengkapi dengan videotron raksasa memiliki ukuran 4 x 8 mtr.

11. Situ Cisanti Bandung

Jika telah jemu dengan padatnya kota Bandung, waktunya melipir ke kecamatan Kertasari, Kab. Bandung, menuju Situ Cisanti. Ya, danau kecil ini adalah hulu dari Sungai Citarum yang membelah kota Bandung. Air Sungai Citarum di kota memang kotor serta penuh sampah, tetapi disini, Situ Cisanti akan menyambutmu dengan air jernih, hawa sejuk, serta panorama menarik.

Cukuplah membayar Rp 7.000,00, Kamu bisa nikmati keindahan situ yang diapit oleh Gunung Wayang, Gunung Rakutak, serta Malabar ini. Tidak rugi deh!

12. Selasar Sunaryo Art Space

Selasar Sunaryo Art Space sebetulnya telah di buka pada 1998, akan tetapi SSAS ini baru booming beberapa waktu paling akhir. Berada di lokasi Dago tidak jauh dari Tebing Keraton, Kamu dapat nikmati bebragai koleksi yang teratur di art gallery, gallery shop, perpustakaan, lantas ngopi-ngopi hangat di Kopi Selasar sekalian nikmati panorama kota Bandung dari atas. A place for everything!

Lembang serta Bandung Utara

Lokasi wisata Bandung tidak cuma berputar di lokasi kotanya saja. Dibagian utara Bandung, Lembang tawarkan bermacam resor, leisure park, serta tujuan wisata untuk keluarga serta beberapa penggemar alam. Untuk mengeksplor Lembang, Kamu semestinya menyewa mobil berbarengan hingga lebih gampang dalam menelusuri beberapa tempat yang berada di Lembang. Beberapa tempat di Lembang memang sulit dijangkau dengan transportasi umum.

13. Gunung Tangkuban Perahu

Dinginnya Lokasi ini Akan Hilang Saat Lihat Keindahannya: Gunung Tangkuban Perahu.

Bicara masalah obyek wisata di Lembang, yang pertama tebersit merupakan Taman Wisata Alam Tangkuban Perahu, Lembang. Berjarak seputar 12 km dari kota Bandung, Tangkuban Perahu bisa diraih dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum St. Hall – Lembang.

Masuk lokasi taman wisata, pengunjung akan dimanjakan dengan jalanan berliku yang diapit rimba pinus yang asri. Setibanya di kawah Tangkuban Perahu yang legendaris itu, perasaan lelah serta dingin sesaat lenyap memandang keindahan kawah. Mantap!

14. Spot Ciamik Lembang Dari Atas: Gunung Putri Lembang

Masih tetap di lokasi Lembang, Gunung Putri dapat jadi tujuan Kamu setelah itu. Walau bukan tipikal gunung tinggi dambaan beberapa pendaki, Gunung Putri merupakan pelarian singkat masyarakat Bandung untuk berwisata alam. Tidak hanya dapat camping, Gunung Putri juga menaruh object histori benteng peninggalan Belanda bernama Benteng Jayagiri yang konon dibuat pada masa Perang Dunia I.

Pssst, menurut legenda, Gunung Putri ini merupakan tempat bersembunyi Dayang Sumbi lari dari Sangkuriang.

15. Bersepeda dan Pikinik di Kebun Teh Sukawana

Pada saat masih tetap di Lembang, singgah ke Perkebunan Teh Sukawana yuk! Tidak kalah asri dari Rancabali atau Malabar, ditambah dengan latar panorama Gunung Burangrang serta Tangkuban Perahu. Perkebunan teh yang duu diketahui dengan nama Pangheotan ini merupakan perkebunan teh paling dekat dari Bandung. Pas untuk pelancong kilat!

16. Curug Dago

Bandung, sang ibukota bumi Priangan, juga mempunyai banyak object wisata curug atau air terjun. Diantaranya merupakan Curug Dago, yang terdapat di lokasi Dago, masuk ke ruang Taman Rimba Raya Ir. Djuanda. Nah, tahu tidak sich? Di dekat air terjun ini ada 2 prasasti yang disebut peninggalan dari Raja Rama V serta Rama VII dari Bangkok, Thailand, yang sempat bertandang kesini. Wah, rupanya Curug Dago telah menjadi object wisata internasional semenjak jaman dahulu kala :))

17. Curug Maribaya

Tidak hanya Curug Dago, salah satunya curug yang cukuplah popular di Bandung merupakan Curug Maribaya di lokasi Lembang. Curug ini ada dalam suatu obyek wisata yang saat ini bernama Maribaya Hot Spring & Resort, beralamat di Jalan Maribaya No. 105 / 212. Ticket masuk resor merupakan seharga Rp 35.000,00.

Didalam, ada banyak hiburan serta service yang dapat di nikmati pengunjung, contohnya pemandian air panas dengan harga ticket masuk Rp 75.000 (deluxe) serta Rp 150.000,00 (VIP). Wah, jika kedinginan di curug, tinggal berendam saja nih!

18. Curug Cimahi

Ingin air terjun yang berlainan dari yang lainnya? Ke Curug Cimahi saja yuk. Air terjun ini dikenal juga dengan Curug Pelangi karena ada dampak pencahayaan spesial waktu malam hari. Wah, ini baru unik! Pengunjung juga dimanjakan dengan 2 buah view deck untuk bersantai atau berfoto. Tempatnya berada di Jalan Kol. Masturi 325, seputar 2 km sebelum resor Dusun Bambu. Ticket masuknya Rp 12.000 serta Rp 15.000 sesudah jam 17:00. Asyiknya sich malem-malem kesini sama orang yang paling disayangi ya..

19. Curug Pengantin

Masih tetap ada di lokasi Kabupaten Bandung Barat, Curug Pengantin yang berada di Jalan Cihanjuang km 5.5, Katumiri, Kec. Cisarua, juga wajar Kamu sambangi. Di sinilah, sepasang air terjun dengan ketinggian kira-kira 50 mtr. memikat beberapa pengunjung. Konon, air terjun ini merupakan jelmaan sepasang pengantin baru yang meninggal dunia di tempat serta jasadnya tidak diketemukan.

Menghalau legenda serta narasi mistis di baliknya, Curug Pengantin membuat liburanmu di Bandung makin terkesan.

20. Farm House Lembang Bandung

Memberikan Makan Kuda & Domba, Minum Susu Fresh Sampai Bertandang ke Ruma Hobbit: Farm House Lembang Bandung.

Sempat denger ada Rumah Hobbit di Bandung? Ini bukan hoaks, tidak bohong. Rumah hobbit ini berada di Farmhouse Susu Lembang, Jalan Raya Lembang no. 108. Ya, Farmhouse ini merupakan resor baru di Bandung, Jawa Barat, untuk rekreasi keluarga. Ruang Farmhouse didesain layaknya seperti pedesaan Eropa. Ada kandang kuda, domba, kelinci, serta bangunan-bangunan bergaya tradisionil yang digunakan menjadi toko oleh-oleh, resto, serta cafe. Object menarik yang lain mungkin saja merupakan botol susu raksasa yang berada di pojok ruang.

Pengunjung cukuplah membayar ticket masuk seharga Rp 20.000,00. Ticket bisa ditukar dengan susu fresh atau sosis bakar yang hangat di konter. Menarik, ‘kan?!

21. Spot Rimba ala Eropa: The Lodge Earthbound Adventure Park

Nah, jika pedesaan mini ala Farmhouse belumlah cukuplah untuk memuaskan fantasimu akan Eropa, ke The Lodge Earthbound Adventure Park saja yuk. Terdapat pada ketinggian 1.312 – 2.080 mdpl, The Lodge akan menyediakan pemandangan rimba pinus ala Eropa yang membius! Tidak sebatas melihat-lihat rimba pinus, Kamu dapat juga nikmati wahana flying fox, menunggang kuda, bersepeda, sampai bersantap dengan hidangan Sunda di Dapur Hawu.

he Lodge Earthbound Adventure Park beralamat di Jalan Maribaya Timur km. 6, Cibodas, seputar 5 km dari Curug Maribaya. Jam operasional merupakan dari jam 10:00-17:00.

22. Hamparan Indah Warna-warni Kebun Begonia Lembang

Sesaat lantas, pariwisata Indonesia sudah sempat ramai dengan kebun bunga di salah satunya daerah yang hancur dirusak wisatawan. Lembang juga miliki kebun bunga nih, ditanggung indah serta tertangani. Namanya merupakan Kebun Bunga Begonia, tempatnya di Jalan Maribaya 120A.

Walau diberi nama semacam itu, akan tetapi tempat ini dapat mempunyai koleksi bunga yang lainnya, bahkan juga ada sayur serta cherry hidrofonik. Menjadi tidak sebatas tanaman begonia saja ya. Pengunjung juga dimanjakan dengan sarana petik buah serta rumah makan. Ticket masuk cuma Rp 10.000,00 serta lebih Rp 50.000,00 untuk photografer DSLR, buka dari jam 08:00-17:00.

23. De Ranch

Ada satu spot di Lembang yang cocok banget untuk Anda atau buah hati yang menyukai berkuda. Hadir saja ke De Ranch Lembang (ticket masuk Rp 10.000,00), Jl. Maribaya no. 17, Lembang. Disana, pengunjung dapat nikmati sensasi menunggang kuda untuk paket 1/2 jam (rp 125.000,00), 1 jam (Rp 200.000,00), serta 2 jam. Tenang, Kamu akan didampingi oleh instruktur memiliki pengalaman kok. Tidak hanya pekerjaan berkuda, Kamu dapat juga mendapatkan kelas singkat mengenai kuda, naik flying fox, balon air, kereta kuda, bersepeda, sampai trampolin! Akan kerasan sepanjang hari disini.

24. Observatorium Boscha

Mendekati malam, waktunya lakukan peneropongan bintang di Observatorium Bosscha. Kamu cukuplah membayar Rp 20.000,00 serta hadir sampai jam 20:00. Kapan lagi dapat berlaga dengan teropong portabel serta teropong Bamberg? Tempat Observatorium Bosscha juga cukuplah dekat dari kota, persisnya di Jalan Peneropongan Bintang. Juga bisa bertandang waktu siang hari (Rp 15.000,00), akan tetapi tidak bisa lakukan peneropongan.

25. Sapu Lidi Resort

Nah, sesudah sepanjang hari menelusuri obyek-obyek wisata yang berada di Lembang, waktunya Kamu serta berkeluarga beristirahat. Sapulidi Resort yang beralamat di Jalan Sersan Bajuri ini bisa saja salah satunya pilihan. Dengan harga dari mulai Rp 600.000-an per malam, Kamu akan dimanjakan dengan kamar memiliki ukuran luas yang diperlengkapi dengan wifi, lantai kayu ciri khas arsitektur tradisionil, serta ketel listrik.

Jika telah jemu di kamar, Kamu dapat singgah melihat-lihat di toko suvenir atau – ini yang sangat sengit – berperahu mesra melingkari danau. Wah, bermalam di Sapulidi juga bakal begitu terkesan.

26. Dulang Resort & Resto

ila ingin bermalam di hotel dengan arsitektur ciri khas Jawa yang kental, Dulang Resort & Resto jawabannya. Beralamat di Jl. Pabrik Gitar, Pagerwangi, Dulang Resort & Resto bisa Kamu inapi dengan harga dari mulai Rp 900.000-an saja. Nuansa ciri khas Jawa yang kental akan mengorbitkan anganmu, beristirahat menjadi makin nyaman. Diperlengkapi dengan balkon serta panorama kota Bandung dari ketinggian, Dulang Resort & Resto akan makin membuat kamu tergoda.

27. Dusun Bambu Lembang

Sempat denger Dusun Bambu? Nyatanya tempat ini tidak cuma Family Leisure Park saja, karena nyatanya Dusun Bambu juga menyiapkan sarana akomodasi. Kamu bisa bermalam di salah satunya kamar atau villa di Dusun Bambu yang sejuk, asri, serta nyaman.

Beberapa unitnya bahkan juga diperlengkapi dengan dapur serta microwave. Yang tentu, bermalam di Dusun Bambu memberi akses gampang dengan Family Leisure Park-nya untuk Kamu berfoto atau jalan-jalan di resor memiliki nuansa alam, bersenang-senang di taman bermain, atau bersantap didalam telur raksasa. Wah, membuat ingin tahu ya! Harga Rp 2 juta-an juga merasa patut untuk nikmati malam di Dusun Bambu Family Leisure Park.

28. Air Panas Ciater

Tengah malam, waktunya menghangatkan diri di dalam dinginnya hawa kota Lembang. Berendam saja di Sari Ater Hot Spring & Resort (Jl. Raya Ciater, Subang), atau yang biasa dimaksud dengan Ciater saja oleh masyarakat lokal.

Dengan harga ticket Rp 15.000,00 / Rp 20.000,00 (sepeda motor, hari biasa / hari libur) serta Rp 25.000,00 Rp 30.000,00 (mobil, hari biasa hari libur), Kamu bisa masuk ke ruang resor. Harga kolam rendamnya dari mulai Rp 14.000,00 (kolam Leuwisari) sampai Rp 75.000,00 (kolam Kimmanis) yang lebih privat. Tidak butuh takut hadir kemalaman. Makin subuh, Sari Ater malah makin ramai!

29. Sari Ater Hot Spring & Resort

Bila ingin relaksasi diri sekaligus menyehatkan tubuh, maka Sari Ater Hot Spring & Resort sangat riuh untukmu. Atau, Gracia Spa Resorts di Jalan Cikondang, Ciater, dapat jadi pilihan. Ticket masuknya cuma Rp 65.000,00 saja, pengunjung telah langsung bisa masuk ke kolam rendam yang diharapkan.

Oh ya, Sari Ater serta Gracia saling menyiapkan sarana akomodasi yang menarik. Dapat Kamu buat jadi pilihan tempat bermalam yang nyaman serta terkesan.

30. Kampung Gajah

Sesudah tubuh kembali bugar esok harinya, Kamu dapat kembali berkreasi bersama dengan keluarga di Kampung Gajah Wonderland. Eits, janganlah terkecoh dengan namanya, Kampung Gajah merupakan suatu wahana rekreasi taman hiburan.

Tempatnya berada di lokasi Parongpong, persisnya Jalan Sersan Bajuri km 3,8. Harga ticket masuknya merupakan Rp 10.000,00 (hari biasa) atau Rp 20.000,00 (hari libur) dengan ticket atraksi Rp 150.000,00 / Rp 250.000,00 (hari biasa / hari libur). Jika hanya masuk ke waterboom, ticket masuknya merupakan Rp 100.000,00 Rp 125.000,00 (hari biasa / hari libur). Atraksinya seru-seru! Ada Sky View, Wave Pool, ATV, Big Tornado, Octopus Rider, tidak akan mati style deh!

31. Jendela Alam Lembang

Tidak terus-terusan object wisata untuk bersenang-senang, di Lembang juga miliki tujuan untuk wisata mendidik lho. Namanya: Jendela Alam. Ya, seperti namanya, Jendela Alam akan mengajari anak-anak untuk lebih dekat dengan alam, terutamanya pertanian serta peternakan.

Di Jendela Alam, anak-anak (umur awal sampai remaja) bisa belajar pembibitan, menuai wortel atau strawberry, memerah susu sapi, serta memberikan makan binatang ternak. Diluar itu, ada pula beberapa wahana sengit seperti flying fox, waterboom, serta ember tumpah. Jika lapar, tinggal melipir ke Kedai Alam untuk bersantap dengan sehat. Wah, komplet banget ya. Harga ticket masuknya cuma Rp 10.000,00 (weekday) serta Rp 15.000,00 (weekend) ditambah lagi cost per wahana.

32. Kampung Daun

Masih tetap di lokasi yang sama, persisinya d Jl. Sersan Bajuri km 4.7, Kamu serta keluarga dapat beristirahat sekalian bersantap di Kampung Daun. Situasi resto ini tenang banget, berisi saung-saugn beratap rumbia dengan ukuran beragam untuk tempat pengunjung bersantap. Menu yang disajikan juga ciri khas Sunda, seperti gurame bakar, nasi liwet, nasi tutug oncom, serta pepes ikan. Waktu malam, Kampung Daun merasa makin romantis dengan obor-obor yang dinyalakan di ke-2 bagian jalan serta lampu-lampu gantung yang berpendar keemasan.

33. Floating Market Lembang

Mumpung masih tetap di Lembang, janganlah lupa singgah di Floating Market Lembang, Jalan Grand Hotel no. 33E. Disana, Kamu dapat seru-seruan berperahu, berbelanja di pasar terapung, sampai kulineran. Harga ticket masuknya cuma Rp 15.000,00. Floating Market Lembang menyiapkan wahana-wahana air menarik, seperti: mendayung kano, berperahu, paddle boat, kereta ar, sampai sepeda air dengan ticket dari mulai Rp 20.000,00 (kereta air) sampai Rp 70.000,00 untuk berperahu (4 orang).Eh, ada miniatur kereta api serta taman kelinci juga lho! Baca sedetailnya di tempat ini.

34. Bukit Rimba, Fresh & Sengit di Grafika Cikole

Rasakan pengalaman berlibur di Bandung dengan bermalam di Terminal Wisata Grafika Cikole. Beralamat di Jl. Raya Tangkuban Perahu km. 8, Kamu dapat bermalam di hotel di dalam rimba, atau bahkan juga berkemah ria! Diluar itu, menjadi tempat one stop tourism, Terminal Wisata Grafika Cikole juga diperlengkapi dengan sarana outbound serta beberapa restoran keluarga. Sengit nih!

35. Bukit Moko

Sesudah sepanjang hari berkunjung ke beberapa jenis object wisata di Bandung serta Lembang, datang waktunya bersantai dengan nikmati pemandangan matahari terbit dari Bukit Moko, Bandung Timur. Akses menuju Bukit Moko gampang kok. Tinggal tujukan kendaraan atau naik angkot Cicaheum – Ciroyom arah Terminal Cicaheum, lantas turun atau berbelok kiri masuk ke Jalan Padasuka. Lewat jalan naik tajam serta berkelok, Kamu akan mealui Caringin Tilu. Selalu berjalan sampai mencapaai Warung Daweung, karena itu tibalah Kamu di Bukit Moko.

Waktu terunggul untuk berkunjung ke Bukit Moko atau Puncak Bintang ini merupakan waktu senja sampai malam hari. Kamu dapat nikmati panorama kota Bandung dari ketinggian, waktu lampu-lampu kotanya berkerlip-kerlip eksotik. Ticket masuk cuma Rp 10.000,00, minuman dan makanan tersedia banyak untuk penuhi perasaan lapar serta dahaga.

36. Jelajah Rimba Batu Stone Garden

Tidak hanya Bukit Moko, Taman Batu atau Stone Garden di Padalarang, Bandung Barat, juga tengah jadi object wisata baru yang digemari. Tempatnya memang jauh, hampir masuk lokasi Kabupaten Cianjur, akan tetapi keindahannya wajar dihargai dengan perjalanan jauh, ditambah lagi ticket masuknya cuma Rp 2.000,00. Konon, Stone Garden yang ada di ketinggian 709 mdpl ini dulunya merupakan suatu laut dangkal waktu lalu terangkat. Wah, menarik banget ya!

37. Ada Rimba Berkabut Luar Biasa Indah di Atas Tebing Keraton

Masih tetap sekitar tempat wisata ketinggian, kunjungan ke Tebing Keraton tidak bisa Kamu terlewat di Bandung. Tempatnya berada di Dago Atas, persisnya di Jalan Bukit Ahli Timur. Ikuti saja arah menuju Taman Rimba Raya Ir. Djuanda atau yang lebih diketahui masyarakat dengan Dago Ahli. Jika memakai kendaraan pribadi, tinggal meneruskan perjalanan sampai pintu masuk object wisata. Untuk mobil, Kamu mesti parkir di Warung Bandrek serta meneruskan dengan naik ojek Rp 50,000 (PP) atau berjalan kaki. Ticket masuknya Rp 11.000,00 saja kok.

Datanglah pagi-pagi sebelum keriuhan pelancong yang lainnya supaya bisa nikmati keindahan magis rimba berkabut yang didera berkas-berkas cahaya matahari pagi.

38. Taman Rimba Raya Ir.H Juanda

Nah, jika main ke Tebing Keraton, lebih baik sekalipun singgah ke Taman Rimba Raya Ir. H. Djuanda. Object wisata classic ini masih menarik untuk didatangi, ditambah lagi ticket masuk Tebing Keraton bisa dipakai untuk THR Djuanda. Didalam Tahura, Kamu bisa nikmati damainya situasi alami rimba pinus yang menarik untuk jadikan object berfoto. Tidak hanya rimba pinus, Tahura ini dapat mempunyai Goa Jepang, Goa Belanda, penangkaran rusa, Waduk PLTA, apabila mujur, Kamu dapat melihat bunga bangkai besar yang tengah mekar.

39. Gunung Batu

Jika belumlah terasa ditantang dengan Tangkuban Perahu atau Tebing Keraton, Kamu yang menyukai dengan wisata ketinggian harus dateng ke Gunung Batu, Lembang. Cukuplah 5-10 menit berkendara dari Jalan Maribaya, lantas teruskan dengan pendakian singkat saat 30 – 60 menit.

Dari puncaknya yang ada pada ketinggian 1.228 mdpl, Kamu dapat nikmati panorama Bandung serta Lembang dari ketinggian. Diluar itu, pemandangan Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Burangrang, serta Gunung Putri juga terbentang di muka mata. Nikmat maan lagi yang kau dustakan?

40. Kegiatan Sengit di Atas Pohon, Bandung Treetop Adventure Park

Ingin yang lebih melawan? Ya telah, ke Bandung Treetop Adventure Park saja deh. Tempatnya masih tetap ada di Bumi Perkemahan Cikole, Lembang. Di Treetop, Kamu dapat coba beberapa rintangan untuk berjalan dari satu pohon ke pohon yang lain.

Sengit! Ada yang dengan satu tali, ada yang lewat jembatan tali, serta banyak lagi. Dari Yellow Sirkuit (untuk pemula anak-anak) sampai Black Sirkuit, tinggal sesuai dengan potensi.

Ticket masuknya Rp 180.000,00 untuk dewasa serta Rp 125.000,00 untuk anak-anak. Ada pula harga untuk keluarga, Rp 480.00,00 (2 dewasa, 2 anak). Harga telah termasuk juga akses permainan 2.5 jam, perlengkapan keselamatan standard Eropa, instruktur profesional, air mineral, serta asuransi (sampai umur 65 tahun). Aman deh, tinggal nikmati saja rintangannya.

41. Sungai Goa Sanghyang Tikoro

Tidak kalah dari Jogja, Bandung juga miliki sungai jernih didalam goa! Namanya merupakan Sanghyang Tikoro, berada di Cipatat, Kab. Bandung Barat. Psst, tempat ini masih tetap sedikit di ketahui lho, airnya jernih serta lingkungannya bersih! Petunjuknya merupakan PLTA Saguling, dimana Sanghyang Tikoro ada di dekat Power House. Ikuti saluran sungai, rasakan jernihnya, nikmati segarnya, yang selesai sampai Goa Misteri. Konon, barang apa pun yang dimasukkan ke Goa Misteri, akan memunculkan nada rintihan dari dalam goa.

42. Goa serta Kolam Alam di Sanghyang Poek

Nah, jika berjalan menantang arus sungai, Kamu akan temukan suatu goa dengan 3 lorong. Goa berupa diagonal berikut yang akan mengiringmu menuju Sanghyang Poek. Sanghyang Poek merupakan suatu saluran sungai serta goa purbakala yang begitu artistik! Di mulut goa ada batu-batu karst besar berupa unik dengan warna putih. Hal seperti ini makin memperkuat pendapat jika lokasi Cipatat ini memang dulunya merupakan laut purba yang terangkat. Menarik ya! Ditambah lagi, ticket masuknya tidak ada.

43. Mandi di Kolam Khayangan Bersama dengan Bidadari, Sanghyang heuleut

Teruskan berjalan kaki saat 1 – 1,5 jam dari Sanghyang Poek yang rasa-rasanya tidak untuk dibiarkan, lewat pipa-pipa besar PLTA serta ruang tepi sungai yang berbatu, Kamu akan temukan Sanghyang Heuleut. Apalagi ini?

Sanghyang Heuleut, suatu danau kecil dengan air jernih diantara gunung-gunung batu, tengah jadi tujuan yang digemari. Di Sanghyang Heuleut, Kamu dapat sebatas sekedar duduk tenang di puncak batu-batu besar, photo dengan beberapa pose, sampai terjun ke danau dari salah satunya puncak batu. Ke-3 Sanghyang ini dapat Kamu eksplor kurun waktu sehari.

44. Kolam Cantik yang dimurnikan Alam: Sendang Geulis Kahuripan

Masih tetap ada di lokasi Bandung Barat, persisnya di Cikalong Wetan, ada sumber mata air jernih di dalam persawahan: Sendang Geulis Kahuripan. Tempatnya memang sulit diketemukan karena ada di dalam persawahan.

Sendang Geulis Kahuripan

Setibanya datang di Cikalong Wetan, cari gapura berupa nanas dengan pos ojek di sebelahnya. Nah, Sendang Geulis Kahuripan ada tidak jauh dari pos itu. Masyarakat seputar juga telah akrab dengan nama Cikahuripan, karena sendang ini telah dikelola oleh Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Barat serta Banten. Ticket masuknya cuma Rp 10.000,00. Lantas ngapain saja disana? Ya foto-foto di pinggir sendang, ya main-main air, sampai selfie didalam air. Menjadi semakin hits serta kekinian.

Jika telah senang bertualang di Bandung Utara, Barat, serta Timur, bermakna waktunya Kamu berjalan menuju Bandung Selatan. Di Bandung Selatan ini, lokasi Ciwidey serta Soreang banyak diketahui menjadi sentral wisata di Bandung Selatan. Ada apakah saja di Ciwidey, Bandung Selatan?

45. Kawah Putih Ciwidey

Terbentuk dari letusan Gunung Patuha yang dahsyat, terciptalah Kawah Putih yang sekarang jadi salah satunya object wisata harus serta popular di Bandung, Jawa Barat. Buat mereka yang baru pertama ke Bandung, saya tetap merekomendasikan Kawah Putih. Danau yang terlihat magis dengan air berwarna toska pucat ini terdapat di ketinggian 2.090 mdpl, tidak heran jika udara dingin ciri khas pegunungan akan langsung menyergap wisatawan.

Harga ticket masuk untuk WNI merupakan Rp 18.000,00 serta Rp 50.000,00 untuk WNA. Dianjurkan untuk memparkirkan kendaraan roda 4 di parkir bawah saja, hingga cukuplah membayar cost parkir Rp 6.000,00. Ada sarana shuttle car Ontang-Anting (Rp 10.000,00) yang siap wira-wiri menghantarkan wisatawa dari pintu masuk menuju kawah.

Akses menuju tempat ini begitu gampang, tinggal tujukan kendaraan menuju Soreang, Bandung Selatan. Akan tetapi, karena kurangnya akses, kemacetan biasa berlangsung di selama Kopo sampai Soreang. Janganlah lupa membawa masker atau beli ditempat supaya Kamu tidak tersiksa dengan aroma belerang yang kuat di Kawah Putih.

46. Situ Patenggang

Sempat dengar nama Situ Patengan? Atau Situ Patenggang? Tidak tahu manakah nama yang benar, object wisata ini harus Kamu hampiri waktu ada di Kawah Putih karena tempatnya yang sama-sama bersisihan. Kombinasi pada danau jernih yang tenang, rimba pinus yang membius, serta kabut tipis yang menyodok magis, membuat harga ticket masuk Rp 18.000,00 (weekday) atau Rp 20.500,00 (weekend) merasa begitu patut untuk dibayar. Lengkapi kunjunganmu di Situ Patenggang dengan berperahu menuju Batu Cinta bersama dengan pasangan atau orang tercinta Kamu.

47. Pemandian Walini

Selesai sepanjang hari kedinginan di Kawah Putih serta Situ Patenggang, mengakhiri kunjunganmu ke Ciwidey dengan berendam ar panas di Pemandian Ciwalini. Pemandian ini adalah sisi dari Agrowisata Rancabali, hingga tempat ini dapat menyiapkan perkebunan teh Walini, flying fox, serta ATV untuk pengunjung. Ticket masuknya Rp 20.000,00 dengan cost penambahan Rp 5.000,00 untuk kolam spesial. Setiap pengunjung akan mendapatkan produk teh Walini gratis lho, lumyan ‘kan?

48. Pemandian Cimanggu

Tidak hanya Ciwalini, Pemandian Air Panas Cimanggu dapat juga Kamu buat jadi pilihan untuk pemandian air panas di lokasi Ciwidey. Walau fasilitasnya tidak selengkap Ciwalini, tetapi ticket masuknya pasti tambah murah, seputar Rp 16.000,00 telah dengan ticket kolam rendam. Nah, tinggal pilih sama dengan biaya Kamu saja.

49. Bumi Kemah Ranca Upas

Sepanjang hari melakukan aktivitas di Ciwidey, waktunya beristirahat untuk memulihkan stamina. Asyiknya, tidak hanya bermalam di hotel, lokasi Ciwidey ini dapat menyiapkan pilihan bermalam yang lain yang menarik: Kampung Cai Rancaupas. Kampung Cai, yang bermakna “kampung air”, di Rancaupas ini merupakan suatu bumi perkemahan di Bandung Selatan. Tidak butuh bingung jika Kamu tidak membawa peralatan camping (tenda, sleeping bag, matras, dll), karena semua bisa Kamu sewa di Rancaupas.

Ticket masuknya cuma Rp 10.000,00 saja kok. Tidak cuma berkemah, pengunjung juga dimanjakan dengan pemandian air panas (Rp 15.000,00) serta bermacam kegiatan outbound, contohnya: flying fox, jembatan goyang, trampolin, sepeda gunung, serta ada banyak lagi. Bangun keesokan hari, Kamu bisa isi pagi dengan bercengkerama bersama dengan rusa-rusa di penangkaran. Wah, sengit banget, ‘kan!

50. Kebun Strawberry Ciwidey

Pada hari paling akhir liburanmu, luangkan bertandang ke Kebun Strawberry Ciwidey. Buah-buah strawberry yang berwarna merah itu terlihat begitu merayu! Kamu dapat menuai sendiri strawberry yang disenangi, lantas ditimbang serta bayar sama dengan strawberry yang Diambil. Umumnya, 1 kg strawberry dihargai dari Rp 35.000,00 sampai Rp 50.000,00. Tidak ada cost ticket masuk, Kamu cuma butuh membayar buah strawberry yang Diambil.

Baca juga tempat wisata lainnya, disini:

Pada akhirnya kami juga bisa menghimpun 50 obyek wisata di Bandung yang di kunjung serta di sekelilingnya. Kenyataannya sangat banyak object wisata di Bandung serta sekelilingnya yang bisa kita telusuri! Tidak heran jika pada akhirnya ada traveler yang hadir lagi serta hadir lagi, karena memang kurang untuk melibas habis semua tujuan wisata di Bandung dalam sekali kunjungan. Nah, jika Kamu sendiri, telah berapakah kali ke Bandung?

error: Content is protected !!